Jika anda pemilik motor sport, modifikasi adalah menu. Hampir-hampir tak terelakkan. Apalagi jika anda terlibat dalam komunitas roda dua tertentu. Entah klub, forum, hingga komunitas motor di kantor atau domisili sekalipun. Kebutuhan untuk tampil gaya hingga fungsi sebagai petugas dalam konvoi bisa menyeret anda ke bengkel modifikasi.
Pulsar adalah motor yang saat ini jadi buah bibir di mana-mana, untuk itu penting dibedah kemungkinan modifikasinya. Kita akan menggunakan 3 kategori yang bisa dijadikan bahan diskusi. Pertama body, kedua kaki-kaki dan ketiga mesin.
Body
Harus diakui ini sektor pertama yang sangat krusial. Cinta pada pandangan pertama kata orang. Sekali lirik anda bisa kecantol. Tinggal lanjut di belakang setelah itu.Pulsar? Motor ini lahir gagah. Kegagahan Pulsar ditunjang banyak aspek. Mulai dari body yang terlihat kekar dan gambot. Tangki besar, sok double pakai gas, dan lampu belakang model baru yang terkesan sporty. Tak kalah hebatnya, pamor lampu yang luar biasa. Karena memang lampu memcerminkan karakter sebuah motor. Head lamp motor ini bergaya wolfeyes. Tudung winshilednya pun lumayan besar dan berseni. Dari depan tampak motor sangat besar, meskipun anda berjarak 100-200 meter di depannya.
Kalaupun ada yang kurang hanyalah deltabox. Tapi itu bukan masalah besar bagi mereka yang menginginkan gaya steetfighter. Motor ini didesain sport turing yang tidak butuh deltabox layaknya motor sportbike yang tulen. Kalaupun ada yang perlu ditambahkan hanyalah mud guard variasi, namun juga tidak wajib. Model dan bentuk mesin yang lumayan besar bersama-sama kelir hitam dan montase mesin yang cocok di bawah tangki sudah cukup. Mud guard variasi alias tudung mesin hanyalah untuk menyempurnakan.*Untuk sektor tangki kelebihan tangki Pulsar adalah ukuran dan modelnya. Besar dan berpunuk.
Tinggi di bagian yang bersentuhan dengan jok sehingga tampak sporty dengan aroma fighter.
Untuk sektor belakang bisa saja dibiarkan apa adanya. Buntut Pulsar sudah cukup runcing.
Penggunaan model lampu rem belakang pun sudah memadai untuk gaya sport.
Namun jika ingin lebih ekstrim, keduanya bisa ganti model buntut yang lebih runcing.
Sekaligus pasang jok model susun (Ket: P180 Belum tapi P200 sudah). Pasti jauh lebih greng!!!
Kaki-Kaki
Pulsar tampil dengan kaki-kaki yang didesain bagus. Anda disuguhi sok depan yang memiliki dua pemanis dan fungsional. Pertama, pabrikan sudah melengkapi karet anti debu (buat P180), benar-benar mengimbangi tudung lampung yang besar. Juga pada bagian paling atas as sok depan disepuh kelir hitam untuk menyamarkan posisinya dibawah headlamp sekaligus mempermanis.
Bagaimana dengan belakang? Ada sok bertabung gas. Model ini sangat sporty untuk ukuran motor sport turing. Banyak diaplikasi moge bertipe ini. Dari sisi fungsi turing, tentu jauh lebih reliable. Kalaupun ada kekurangan, juga pada sisi cakram. Mungkin karena motor sport turing di bawah 250cc, jadi cakram dianggap tak terlalu siginifikan. Tapi jika anda serius melakukan modifikasi, model tromol tetap saja harus diganti.
Untuk velg, tampaknya Pulsar lebih baik. Velg depan belakang lebih lebar. Bahkan tampak lebih lebar dari milik Tiger Revo. Juga penggunaan palang 6 bersama ukuran 17 inchi yang sudah pasti menambah kesan enteng dan cepat.
*Terakhir, jika anda penggemar tampilan modern, Motor Pulsar anda harus ganti sok depan.
Bagaimanapun upside-down akan tampak lebih gagah dan gaya.
Apalagi teknologi sok semacam ini sangat tangguh untuk melibas tikungan dan mengerem dengan kecepatan tinggi.
*Tinggal cari model yang pas, ukuran yang proporsional, dan kondisi yang masih bagus.
Pasanglah di bengkel yang berpengalaman, dan semuanya beres.
Mesin
Modifikasi body dan kaki-kaki mau tak mau akan menambah bobot. Untuk urusan ini mesin akan beroleh beban lebih. Karena itu anda bisa melakukan sedikit modifikasi mesin alias korek harian (kohar).
Korek harian bukan perkara mudah. Untuk urusan mesin anda harus berbesar hati pada Pulsar karena anda punya ruang bermain lebih besar. Anda bisa mensetting ulang karbu, melakukan pembesaran silinder (bore up dan overbore) dan memperbaiki efisiensi volumetrik, hingga menggunakan suplai pengapian lebih. Apalagi penggunaan dua buah busi ikut menambah dimensi piranti yang bisa diutak-atik. Tidak heran jika saat ini sudah ada Pulsar yang bore up hingga 335cc, hampir dua kali lipat volume mesin sebelumnya (dahsyat bos..!)
Kesimpulan
Pulsar memiliki banyak keunggulan. Mesin badak dan mampu dibore up maksimal. Itu jika anda belum puas juga dengan bawaan yang sebenarnya sudah greng. Model pun tak kalah bagusnya, terutama untuk modifikasi gaya streefighter.
*Lagi pula kaki-kaki yang sudah besar sejak lahir. Tinggal ganti ban yang lebih gambot atau perangkat lain.
Kini anda bisa menikmatinya dengan penuh percaya diri.
Jangan lupa safety bro !!!!!
No comments:
Post a Comment