Friday, October 15, 2010

HONDA 2008

Kali ini kita akan melihat jagoan-jagoan yang akan dikeluarkan oleh Honda di tahun 2008. Menurut informasi yang di dapat dari sebuah majalah, tahun ini Honda masih akan mengeluarkan satu motor sport plus satu motor bebek. Dengan kata lain entah CBR150, Hunk, maupun New Tiger. Hanya ada satu tempat yang bisa ditempati dan itu artinya kita hanya akan bisa menikmati salah satu dari ketiganya untuk tahun ini. Tapi ingat dan catat, hal ini berlaku jikalau isu mengenai motor sport ini benar adanya.
Ketiga motor di atas memang menjadi kandidat utama dari motor sport baru Honda di tahun 2008. Beberapa informasi menyebutkan bahwa ketiganya masuk tahun ini, namun melihat informasi lain yang berkata bahwa motor sport baru Honda tahun ini hanya satu marilah kita mengira-ngira mana yang akan di masukkan oleh Honda tahun ini. Kali ini akan dijelaskan juga mengenai kans masuknya motor-motor ini.
  1. Berilah sambutan bagi kandidat pertama, Honda CBR150!!! Well, tidak dipungkiri lagi selama bertahun-tahun para konsumen motor Indonesia dibuat menanti kehadirannya. AHM sebagai pemegang merek tunggal seakan tidak menjawab, untunglah keberadaan Importir Umum mampu mengobati rasa rindu meski harus dibayar dengan harga yang tinggi (Rp. 31 juta bandingkan dengan di Thailand yang sekitar Rp. 20 juta). Kehadiran CBR150 versi CKD dirasa perlu untuk memuaskan dahaga pecinta motor Indonesia yang sudah haus akan motor-motor sport (terimakasih kepada Kawasaki yang mau menghadirkan Ninja 250R meski dengan harga yang tinggi). Tidak usah ragu akan speknya yang menggiurkan dan hi-tech. Meski minus injeksi, kehadiran DOHC, radiator, plus 6-percepatan adalah pelipur lara bagi pecinta kecepatan. Soal model yang sudah mengadopsi fairing memang sangat sporty, soal bentuk fairingnya yang memang masih “terlalu tegak” itu memang masalah selera masing-masing. Masalahnya besarkah kemungkinan CBR150 masuk? Sebagai motor dengan pasar yang sempit, pabrikan harus pikir panjang sebelum memasukkannya. Dan lagi harga jualnya di sini bisa bertabrakan dengan Tiger yang Rp. 20-23 jutaan. Bisa saja harga dinaikkan sekitar Rp. 24-25 juta tapi apakah konsumen mau? Juga pasarnya berdekatan dengan V-Ixion meski sebenarnya agak berbeda (V-Ixion lebih ke arah touring sedangkan CBR150 sport tulen), tidak bijaksana bila harganya terlalu jauh. Bila AHM tidak akan ambil pusing akan resiko ini, mudah saja, CBR150 tidak akan dimasukkan. Bila kita melihat kebiasaan AHM selama ini lebih baik jangan terlalu berharap banyak. Maka dari itu kemungkinan masuknya CBR150 terbilang kecil, selama… AHM masih memegang teguh kebiasaannya.
  2. Deng…Deng…Deng…Kandidat kedua, Honda Hunk. Motor ini pernah di bahas di tulisan saya yang sebelumnya. Di sana juga sedikit disinggung bahwa Hunk merupakan the next Megapro. Tidak usah membahas spek dll di sini, cukup membaca di tulisan saya itu. Yang perlu dipertanyakan adalah seberapa besar kemungkinan Hunk menggantikan Megapro. Honda Megapro baru saja mendapatkan tampilan baru tepatnya 2 tahun yang lalu. Terlalu cepat bagi Honda untuk merubah tampilannya lagi apalagi Hunk memiliki mesin yang berbeda. Setidaknya butuh waktu beberapa tahun lagi untuk merubah tampilan Megapro secara utuh, paling tidak katakanlah 2 tahun lagi. Namun nasibnya masih bisa dikatakan lebih baik (baca: lebih besar kemungkinannya untuk diproduksi). Hal ini disebabkan oleh pasarnya yang lebih besar dibandingkan dengan CBR150. Secara, jika Hunk lebih bisa meraup untung lebih banyak untuk apa memroduksi CBR150 yang pasarnya sempit? Jadi meski dihalangi masa produksi Megapro yang masih panjang, namun kemungkinanya untuk hadir lebih besar daripada CBR150.
  3. Plok…Plok…Plok…kandidat ketiga Honda New Tiger. Tulisan saya yang berkaitan dengan Honda Tiger ada di sinihttp://satriasport.blogspot.com/. Di tuliskan bahwa ada kemungkinan Honda akan menghadirkan new Tiger, alasannya ada di situ. Memang kemunculannya diiringi dengan keluhan karena impian penggemar Honda akan hadirnya monosok tidak dikabulkan. Dan semoga saja kali ini Honda memang benar-benar mengabulkannya. Sama dengan Megapro, masa produksinya masih panjang-Tiger Revo masih lalu-lalang sejak dua tahun yang lalu. Dan ini juga menjadi ganjalan bilamana New Tiger diproduksi. Kandidat pengganti new Tiger memang belum jelas benar namun ada yang mengatakan CBF250-lah penggantinya. Ada juga informasi yang mengatakan bahwa mesinnya menggunakan pendingin cairan plus injeksi, mana yang betul, kita belum tahu. Secara pasaran, Honda Tiger Revo berada sedikit di bawah Megapro, namun jelas pasarnya lebih luas dibandingkan dengan CBR150. Soal harga entahlah, namun sepertinya lebih tinggi daripada yang sekarang, dan ini akan menjadi masalah seandainya harga yang dipasang tidak sesuai fitur. Yah, melihat segala informasi mengenai Tiger Revo, kemungkinan masuknya new Tiger sebelas-duabelas dengan Honda Hunk.
Benarkah tulisan ini? Sekali lagi, hanya Tuhan dan orang dalam AHM yang tahu. Semoga saja apapun yang diluncurkan merupakan yang terbaik dan bukan lagi akal-akalan orang-orang AHM.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...