Friday, October 15, 2010

Honda Rilis DN-01, Motor Sport Tanpa Kopling

TOKYO - Honda mengumumkan model sepeda motor DN-01 sport cruiser akan mulai dipasarkan di Jepang 7 Maret mendatang. Walaupun berforma sport, sepeda motor 680 cc ini, tidak menggunakan kopling sehingga lebih mudah dikendarai.


Selain itu, yang menjadi keunikan tersendiri dari DN-01 adalah bodi yang didesain lebih rendah dari permukaan tanah. Mesin 4 stroke OHC V-twin menambah keunggulan daya dorong sepeda motor sport mungil ini. Belum cukup, pengaplikassian fitur Human Friendly Transmison (HFT), selain mudah dikendarai juga nyaman saat DN-01 ditunggangi untuk jarak jauh.


Walaupun menggunakan sistem transmisi tanpa kopling, DN-01 tetap menghadirkan daya akselerasi yang tidak kalah dengan sepeda motor kopling. Ini dikarenakan sistem variable hydraulic mechanical transmission yang memiliki daya respon yang tinggi saat gas dimainkan. Tidak pelak, selain sporty, sepeda motor ini juga memberikan kenyamanan dalam balutan kemewahan desain.


Tempat duduk hanya setinggi 690 mm dengan sensasi relax driving. Kepuasan mengendarainya terasa lebih dengan desain bodi yang mengalir dinamis layaknya motor sport.


Nama DN sendiri merupakan singkatan dari Discovery of a New Concept. Sejak perhelatan Tokyo Motor Show 2005, para ahli Honda mencoba membuat sepeda motor yang berforma sporty namun sederhana dan nyaman dikendarai. Pada Tokyo Motor Show 2007 lalu, Honda merilis mesin DN-10 dan pada 7 Maret mendatang, DN-01 resmi dipasarkan.


Sistem teknologi yang diterapkan pada mesin, menghadirkan kemampuan DN-01 yang mampu menghasilkan torsi rendah pada putaran (rpm) yang juga rendah, namun setara dengan torsi tinggi pada sepeda motor lain. Mesin dibungkus dengan material yang mampu meredam suara mesin. Selain itu, tingkat getar mesin juga diredam dengan penggunaan karet alam.


Dalam standar emisi, DN-01 telah memenuhi standar gas baunga 2007 di Jepang dengan electronic fuel injection system (PGM-F1) dan sebuah perangkat sistem kalatis. PGM merupakan teknologi hasil pengembangan internal Honda.


Desain DN-01 terlihat panjang pada bodinya namun pendek dari permukaan tanah. Hidung depan yang nampak lebih panjang dipadukan dengan 2 headlamp. Panel instrumen dilengkapi dengan LCD dan lampu LED putih menghadirkan tampilan segar dan mewah.


Untuk menunjang performa sporty-nya, DN-01 menggunakan sistem pengereman ABS. Penggunaan 3 titik jangka lengkung di rem depan memberikan daya cengkram maksimal.


Sistem pengamanan dari pencurian, DN-01 menggunakan teknologi Honda Ignition Security System (HISS). Sebuah perangkat anti maling yang menggunakan sistem kunci elektronik. Dengan sistem ini, mesin akan menyala apabila sepeda motor dihidupkan dengan kunci asli. Chip IC akan membaca apakah kunci asli dari pabrikan dan sesuai dengan ID pada ECU. Apabila sesuai, mesin akan menyala.
(ton)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...